Laman

Selasa, 27 Desember 2011

Bhinneka Tunggal Ika masih berlaku kah?


          Kita semua pasti mengenal Negara Republik Indonesia, negara di Asia Tenggara yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau. Lebih gampangnya Negara Indonesia adalah negara tempat kita tinggal / lahir. Indonesia merupakan salah satu negara yang berpenduduk padat. Pada tahun 2006 dengan populasi sebesar 222 juta jiwa Indonesia menjadi negara berpenduduk terbesar keempat di dunia. Dilihat dari letak geografis, sejarah, dan sebagainya maka tidak perlu diragukan lagi bahwa dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai jenis suku, agama, ras, dan adat istiadat. Oleh karena itu Indonesia memiliki semboyan nasional "Bhinneka tunggal ika"("Berbeda-beda tetapi tetap satu").
          Namun disaat ini semboyan tersebut kelihatannya sudah mulai diabaikan oleh banyak orang di Negara ini. Dapat kita lihat dari berita di layar kaca maupun yang kita baca di internet mengenai tawuran antar pelajar, bentrok antar suku, ketidakbebasan beragama, bahkan sampai dibidang olahraga juga terjadi bentrok antar suporter yang sering menghiasi berita saat ini. Lupakah mereka dengan semboyan negara ini? Atau tidak taukah mereka bahwa dulu saat berjuang untuk memperoleh kemerdekaan orang-orang bersatu melawan para penjajah? Dan tidak sadarkah mereka bahwa mereka sama-sama rakyat Indonesia?
          Bukankah lebih menyenangkan bila kita dapat hidup bersama dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Ini merupakan salah satu tugas kita sebagai rakyat Indonesia untuk menjaga keharmonisan negara ini. Mulailah dari melihat diri kita sendiri apakah kita sudah menghargai orang lain? Semoga suatu hari nanti negara kita bisa kembali damai dan harmonis lagi.

Sumber : >> http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar