Laman

Jumat, 11 Oktober 2013

Tugas 1 Pelanggaran Etika

Minggu, 6 Oktober 2013
Pada hari minggu ini saya memulai pengamatan saya mengenai pelanggaran etika di sekeliling saya. Siang hari sekitar jam 11.30 saya pergi ke kampus E Gunadarma. Selama dalam perjalanan saya menemukan banyak pelanggaran etika di jalan raya. Terutama saat saya berada dijalan sekitar daerah rumah saya, di depan melaju dua motor saling bersebelahan. Mereka berdua masing-masing mengendarai motor bersebelahan sambil mengobrol ditambah mereka tidak menggunakan helm. Tentu saja ini sangat menggangu pengguna jalan raya lainnya termasuk saya. Mereka tidak hanya mempersempit jalan tapi juga membahayakan diri mereka sendiri dan juga orang lain. Untuk mengobrol dan bercanda seharusnya tidak mereka lakukan pada saat mengendarain motor. Masih banyak tempat yang bisa dijadikan tempat untuk mengobrol, di jalan raya adalah tempat yang sangat berbahaya dan sangat tidak pantas untuk dijadikan tempat mengobrol maupun bercanda apalagi sambil mengendarai sepeda motor. Mereka juga harus sadar menggunakan helm bila mengendarai sepeda motor walaupun pergi ke jarak yang dekat.

Senin, 7 Oktober 2013
Senin pagi saya kuliah di gedung J4 Gunadarma. Pelanggaran etika yang paling sering ditemukan saat berada dikampus adalah masih ada beberapa orang yang membuang sampah sembarangan. Dari bungkus makanan hingga puntung rokok berserakan di lantai. Seharusnya sebagai mahasiswa mereka lebih sadar untuk membuang sampah ditempatnya.

Selasa, 8 Oktober 2013
Selasa pagi hari seperti biasa, saya ada kuliah di gedung J4 Gunadarma. Kali ini yang melakukan pelanggaran etika adalah saya sendiri. Karena saya kesiangan, saya telat untuk masuk ke kelas. Dan saat saya tiba dikelas, dosen telah sibuk memberikan materi ke mahasiswa. Seharusnya sebagai mahasiswa yang baik saya harus tiba lebih dahulu di kelas sehingga tidak mengganggu dosen yang sedang mengajar. Dengan adanya mahasiswa yang telat dan terus-terusan masuk ke kelas tentu sangat menggangugu dosen yang sedang mengajar.

Rabu, 9 Oktober 2013
Untuk hari rabu ini saat saya hendak pergi ke kampus J1 Gunadarma, saya menemukan pelanggaran etika dilakukan oleh pengemudi angkutan umum. Saat saya dijalan mengendarai sepeda motor, ada angkutan umum yang sedang melaju kencang tiba-tiba mengerem mendadak hanya untuk menaikkan penumpang sehingga pengendara motor yang berada dibelakang angkutan tersebut mengerem mendadak dan nyaris jatuh. Seharusnya pengemudi angkutan umum tersebut harus memikirkan pengendara lainnya juga.

Kamis, 10 Oktober 2013
Ini adalah hari terakhir saya melakukan pengamatan terhadap pelanggaran etika di sekeliling saya. Pada hari kamis ini saya mendapatkan tugas ke kampus E Gunadarma. Saat saya hampir sampai di tempat tujuan, tepatnya di lampu merah terakhir sebelum sampai di kampus E. Sangat banyak pengendara yang menerobos lampu merah. Tentu saja ini sangat membahayakan diri mereka sendiri, ini juga dapat merugikan pengendara lainnya. Sesibuk apa pun mereka tidak seharusnya mereka menerobos lampu merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar