Laman

Selasa, 19 Oktober 2010

Pemanfaatan/Implementasi Komputer di Bidang Pendidikan

            Pada saat ini hampir semua kalangan masyarakat telah mengenal komputer mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Komputer memang telah menjadi sosok yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Dengan menggunakan komputer kita dapat menyimpan data-data, mengolah data, serta masih banyak lagi yang dapat kita lakukan dengan komputer. Dan di zaman yang semakin canggih ini, dengan komputer yang telah dipasangi internet kita dapat menjelajah dunia hanya dengan menggunakan komputer. Karena semakin canggihnya alat tersebut, komputer menjadi sangat bermanfaat bagi kita semua dalam bidang apapun terutama dibidang pendidikan.
            Bagi pelajar saat ini, komputer telah menjadi alat bantu yang sangat bermanfaat dalam mengerjakan tugas dari guru/dosen. Terdapat berbagai aplikasi yang dapat memudahkan pelajar untuk mempelajari pelajaran. Misalnya dalam pelajaran matematika, kita dapat memanfaatkan kalkulator yang telah disiapkan oleh komputer. Selain kalkulator, masih terdapat banyak lagi aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi pelajar misalnya kamus. Dan dengan adanya internet, kita dapat mendapatkan informasi apa saja yang kita inginkan dengan cepat.
            Bukan hanya bermanfaat bagi pelajar, komputer juga sangat bermanfaat bagi pengajar. Dengan komputer, para guru/dosen dapat menyimpan data-data muridnya, materi yang akan dijelaskan, tugas, maupun soal-soal ujian. Dengan memanfaatkan internet dapat juga dilakukan pembelajaran jarak jauh. Bahkan sekarang telah banyak sekolah-sekolah maju yang telah menerapkan pembelajaran jarak jauh yaitu menggunakan media internet jadi sebagai contohnya para murid tidak perlu jauh-jauh pergi ke sekolah tetapi hanya menggunakan fasilitas internet di rumah, para murid akan bisa berhadapan langsung dengan para guru.
            Selain untuk menyimpan data murid, komputer juga menjadi alat untuk pembelajaran bagi murid atau yang disebut dengan Computer Based Education (Pendidikan Berbasis Komputer) yang disingkat menjadi CBE. Para pendidik juga dapat menyampaikan arahan dalam pelajaran dengan komputer secara menarik menggunakan program-program komputer yang disebut CAI (Computer Assisted Intruction).
            Jadi, melihat manfaat-manfaat yang telah diberikan komputer dalam bidang pendidikan menunjukkan bahwa saat ini komputer telah menjadi bagian penting dalam suatu proses belajar mengajar. Kita harus bersyukur dengan adanya teknologi komputer pada saat ini sehingga kita sebagai pelajar dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengerjakan tugas atau mendapatkan informasi dengan lebih cepat dan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar